Saturday, August 9, 2014

Apa itu Pemeriksaan EKG ? 
Jika anda pernah melakukan test kesehatan (Medical Check Up) tentunya sudah tidak asing lagi mendengan pemeriksaan yang satu ini. EKG atau Elektrokardiogram adalah pemeriksaan penunjang jantung yang merupakan bagian dari pemeriksaan rutin dalam setiap pemeriksaan kesehatan (Medical Check Up).

Pengertian Elektrokardiografi menurut bahasa adalah pemeriksaan atau pencatatan aktivitas listrik jantung, Elektro = Aktivitas Listrik, Kardio = Jantung, Grafi =  Pencatatan melalui grafik.  Kerja utama jantung adalah memompa darah,  proses ini terjadi karena adanya aktivitas listrik jantung.  Aktivitas listrik inilah yang direkam oleh alat EKG yang akan memberikan gambaran pola-pola  grafik tertentu yang nantinya memberi petunjuk ada atau tidak adanya kelainan pada jantung seperti :
  • Gangguan irama jantung.
  • Serangan jantung.
  • Penyakit jantung koroner.
  • Penebalan otot jantung.
  • Pembesaran rongga jantung.
Rekaman mesin EKG (Elektrokardiogram) akan memberikan informasi tentang kondisi jantung akan tetapi tidak semua kondisi jantung bisa dinilai oleh EKG (Elektrokardiogram) oleh sebab itu pemeriksaan ini hanyalah salah satu penunjang dari pemeriksaan jantung..


Bagaimana Pemeriksaan EKG dilakukan? 
Yang perlu kita pahami bahwa EKG ini adalah pemeriksaan non-invasif, tidak menyakitkan, tidak membuat anda terluka, dan tidak menyetrum. Kemudian EKG ini adalah tindakan yang cepat, paling lambat sekitar 5 menit. Jadi Anda tak perlu khawatir. Dalam kasus tertentu bisa dilakukan pemasangan EKG secara berkesinambungan dengan alat pemantau atau monitor, terutama pada orang yang kritis atau sedang dalam perawatan intensif. Ketika dokter menyarankan untuk pemeriksaan EKG ini, mintalah penjelasan lengkap dokter, apa indikasi Anda untuk dilakukan EKG. Anda pun akan dapat mengerti fungsi pemeriksaan ini saat memberi persetujuan tindakan atau informed consent. 

Berikut penjelasan tindakannya: 
  • Bila Anda sudah siap untuk dilakukan pemeriksaan, maka Anda diminta untuk berbaring di tempat tidur yang tertutup. 
  • Anda akan diminta untuk melepaskan semua barang-barang logam yang ada di badan atau pakaian, misalnya cincin, kunci, telepon seluler dan lainnya. 
  • Anda diminta untuk membuka pakaian bagian atas karena logam elektroda akan ditempelkan pada bagian dada. Bagi pria yang menggunakan kemeja, dapat hanya membuka kancing saja tanpa melepaskan semua. Untuk wanita, harus melepaskan bra. 
  • Bila dokter atau paramedik yang melakukan tindakan merupakan lawan jenis Anda, maka akan ditambahkan satu perawat pendamping yang berjenis kelamin sama dengan Anda. Hal ini dilakukan agar pasien merasa lebih nyaman. 
  • Kemudian dokter atau perawat yang melakukan akan memeriksa keadaan dada Anda, menghitung sela-sela tulang rusuk. Hal ini disebabkan pemasangan logam-logam EKG ini perlu tepat pada sela tulang rusuk tertentu. Logam yang dipasang total berjumlah 10, yaitu 6 di dada, dan 4 di pergelangan tangan dan kaki. Sembari menentukan sela iganya, dokter atau perawat akan memberikan semacam gel pada lokasi penempelan logam. Gel ini berfungsi agar logam dapat menempel dengan sempurna pada kulit. Jangan kaget bila setelah ditempel logam, maka logam tersebut akan dihubungkan dengan kabel. Kabel inilah yang akan menghantarkan impuls listrik jantung ke alat yang merekamnya. 
  • Bila penempelan kabel selesai, Anda akan diminta untuk tidak menyentuh logam yang ada di tempat tidur. Kemudian bila akan dimulai perekaman, Anda diminta untuk tak bergerak selama beberapa detik dan menahan napas hingga perekaman selesai. Tak perlu takut kehabisan napas, ini berlangsung hanya beberapa detik saja. 
  • Setelah perekaman selesai, dokter atau perawat akan menentukan apakah hasilnya layak dibaca atau tidak. Kalau tidak layak, maka akan dilakuakn pemeriksaan terhadap logam serta kabel, kemudian perekaman diulang. Bila hasilnya layak dibaca, logam dan kabel akan dicabut dan Anda dibantu untuk dibersihkan sisa-sisa gel yang ada. 
  • Pada akhir pemeriksaan, pada kulit tubuh Anda akan terdapat bekas penempelan logam yang ada. Bekas ini akan berangsur menghilang dan tak berbahaya.  
Kapan hasil pemeriksaan ini bisa diketahui? 
Pada dasarnya hasil pemeriksaan bisa langsung dibaca dan diinterpretasikan sesaat setelah pemeriksaan selesai. Namun untuk kasus tertentu dapat dikonsultasikan ke spesialis jantung bila diperlukan. Bila dilakukan konsultasi lanjut, maka tentu diperlukan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil interpretasi EKG nya.


:::: TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG KAMI ::::